23 Februari 2016

Penting Untuk Pelajar SMA !!!! Wajib Baca!!


foto dari google.com

Beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat duduk di bangku SMA !!! (pake tanda seru soalnya penting banget)

1. Tentukan Jurusan
Ini adalah waktu yang penting banget buat kamu untuk menentukan minat dan bakat kamu, jangan sampai ngambil jurusan karena ikut ikutan temen, bingung atau bahkan ngikutin orang tua (sorry buat para orang tua jangan egois dengan kehendak sendiri sampai lupa menanyakan minat sang anak), yup mau ngambil sekolah di kejuruan atau umum, pastikan kamu memang tertarik sama jurusan itu.

2. Jadilah remaja penuh aktivitas
Kalau kamu masih bingung sama minat dan bakat kamu kemana, coba aja ikutin dulu semua ekskul sekolah, nah kalau udah gitu kamu bakalan tau kemana dan apa kegiatan yang paling kamu suka, kalau udah gitu fokus dengan kegiatan itu.

3. Jangan Gaptek
Orang tua kamu termasuk menengah atas?, gak ada salahnya kamu punya gadget, selama gadget ini gak kamu salah gunakan buat macem macem loh ya apalagi buat anu (orang tua punya andil besar buat jadi securty anak tapi jangan lebbay deh ya).

4. Update informasi/ berita terbaru
Penting banget tau berita terbaru yang jadi tranding topik, jangan sampai ketinggalan, dari sosmed, isu global, sampai tekhnologi terbaru kalau perlu kamu update deh tuh pacar baru tetangga kamu ahaha, (ehhh no no kalau ini jangan, ntar bisa dibilang kepo kamu), nah disini lah penting banget yang namanya gadget, tugas kamu meyakinkan ke orang tua kalau smartphone etc itu gak kamu salah gunakan, yang wajar saja lah yaaa. Jangan berkecil hati buat yang berasal dari keluarga sederhana dibawah rata2 tetap semangat menjadi remaja yang supel, dan senang bergaul dengan kebaikan hati dan sifat yang disenangi banyak orang nah kalau udah gini temen kamu yang baik pasti gak sungkan buat bantu kamu. Informasi juga penting buat referensi kamu biasanya kalau udah liat ini itu pasti bakalan tau sukanya apa dan tertarik sama apa.

5. Punya Cita Cita
wowww udah SMA kamu yaaaa, bentar lagi kuliah, gak mau dong memiliki masa tua dengan cerita yang gitu2 aja??? nah kamu harus punya cita cita punya tujuan!! Orang yang punya tujuan pasti menjalani semua dengan nikmat dan semangat, contoh simplenya kamu mau ngapel ke rumah pacar tapi si pacar rumahnya jauhhh banget karena kamu punya tujuan jamin deh pasti tu rumah gak berasa jauh (aku gak menyarankan pacaran loh ya ntar kita bahas)  iyyya kaaannn??? gitu juga fungsinya cita cita dalam hidup, biar kamu gak bagaikan kapal ditengah laut yang gak punya tujuan. "Aku gak punya cita cita kak... aku masih bingung.... " (balik ke nomer 2 dan 4)

6. Punya Idola
Gak usah terlalu berlebihan menyukai sesuatu biasa biasa aja, yang berlebihan gak baik!! menyukai makhluk berlebihan bahaya buat kejiwaan kamu! Tapi fungsi memiliki idola disini adalah sebagai pemicu motivasi untuk mewujudkan mimpi kamu, Misalnya kamu hobby nulis dan kamu suka sama karya Stepheni Meyer, biar karya kamu juga bisa difilmkan kayak twilight, breaking down, eclips, dan newmoon. Terus jadi orang kaya raya karena karya kamu yang fenomenal. Its fine oke banget biar kamu terus semangat mewujudkan mimpi kamu, copy copy paste nanti kamu bakal tau soul kamu yang mana gak papa ngopy dulu (mengutip dari fotografer terkenal aku lupa namanya ntr dicari)

7. Ceria dan senang bergaul
Jangan jadi pendiam dan pemalu! selama gak malu maluin berteman lah dengan siapa saja, ambil yang baik dalam setiap pertemanan kamu dan jangan ikuti yang buruk (aku gak nyuruh kamu nyuri sendal di masjid loh yaaa), jangan malu kalau kamu orang miskin, terus saja berbaik sangka, dan ramah juga baik hati dengan siapapun, rezeki ada dibalik silaturrahim.

8. Kuliah? jurusan apa ya???
Kuliah!! harus kuliah!! jangan males mikir apa lagi pas ditanya "mau ambil jurusan apa ntr kuliah?" "ah gak ah males mikir mau kerja aja" "ah aku gak kuliah gak ada biaya" "ah aku kerja aja ntar bisa kok ambil yang non regular" (ini bisa jadi alternatif terakhir kalau kamu udah mentok ingat kalau udah mentok loh ya)
Come on jangan ada kalimat itu saat kamu SMA!!! mesti semangat mau jadi suami or istri yang cerdas kannn??? "ah kan jadi cerdas gak mesti kuliah kan?" banyak kok orang orang sukses gak kuliah" ahhh itu kebetulan aja!! kalau ditanya dan flashback mereka gak mau gitu, liat aja anak anaknya pasti pada sekolah tinggi kann? masih mending kalau kamu punya garis tangan jadi sukses kayak mereka, kalau enggak aduuuh kelar hidupmu, kalau pun kamu emang dari keluarga kaya, aku jamin kamu gk bakal jadi ortu yang cerdas nantinya, karena sekolah itu penting, udah banyak aku nemuin pola hidup orang2 yang cerdas secara imtaq dan iptek beda dengan pola yang backgroundnya nothingg.

9. Yakin
Kamu gak ada biaya? dari sekarang mesti nabung, bisnis kecil kecilan, banyak yang bisa kamu lakuin kalau emang kamu mau! Ditakdirkan hidup miskin emang gak gampang, mesti banyak hal yang dikorbankan diantaranya masa2 bermain bersama teman, kamu habiskan dengan bekerja tapi gak papa hasil  kerja keras selalu gak bohong dan pasti memuaskan, gak ada yang sia sia selama kamu berusaha dan berdoa.

10. Berprestasi
Udah miskin gak pinter pula aduuuuhh kelar hidup kamu! Berprestasi disini gak mesti juara akademik, banyak hal yang membuat kamu berprestasi, paling jempol kalau kamu berprestasi karena minat dan bakat kamu, buat yang perekonomiannya dibawah rata rata akan sangat membantu soalnya kamu bakal dapat beasiswa dan dukungan dari sekolah dan dinas terkait (fyi sekarang udah banyak beasiswa yang ditawarkan baik dari universitas atau dinas pendidikan) ini tinggal kamu aktif mencari peluang atau enggaknya. Ingat jangan malesss!!!!

Tambahan Reward
11. Do all things with love
Lakukan semua dengan cinta, apapun jurusan yang kamu ambil pastikan kamu mencintainya, sesuai sama passion kamu, kalau kamu udah cinta sama sesuatu hal jangan khawatir sama rezeki semua bakal ngucur dengan deras, mengikuti kamu. Selama itu benar dan sesuai jalur yang baik. 
Kamu yang menetukan masa depan kamu, mau jadi biasa saja atau luar biasa.



well thats it beberapa hal penting  yang harus kamu garis bawahi saat SMA, semoga bermanfaat ^^ Tulisan ini didedikasikan untuk adik adik aku yang masih SMA, dan saat ini lagi berjuang prepare UN semoga lulus dengan nilai terbaik yaa (semoga gak telat ya).
Sengaja dibuat biar kalian tidak menjadi seperti aku, yang sebenarnya masih bisa menjadi lebih baik dari sekarang ini.

2 komentar: